Mengajar di SD dan Penerapan Media Pembelajaran 3 dan 4


    Mengajar di SD adalah salah satu tujuan yang kami rencanakan dari awal. Tetapi karena di Desa Talang ada 4 SD, kami mengajar di SD terdekat dari balai desa tempat kami tinggal dan itu adalah SDN 3 Talang. Awal mulanya kami pada tanggal 2 Januari mendatangi SD tersebut untuk meminta izin dan menjelaskan maksud kami untuk mengajar dan menerapkan media pembelajaran yang kami siapkan. Setelah kami menjelaskan tujuan kami, para guru di SD tersebut menyetujui dan mengizinkan kami untuk mengajar. Dan kami di tanggal 3 diminta datang lagi mengenai ahri apa saja dan kapan kami mulai mengajar, sekalian mengkonfirmasi ada berapa anak anak KKN yang mau mengajar.
    Keesokan harinya, pukul 8 pada tanggal 3 Januari perwakilan dari kelomnpok kami mengkonfirmasi bahwasanya semua anggota dari KKN kelompok 30 bisa mengajar di hari Kamis (4 Januari) dan Sabtu (6 Januari). Kami diberikan jadwal dan diminta mengajar mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6. 


    Pada tanggal 4 Januari, hari Kamis kami berangkat pukul 7 dan mulai membagi tim untuk mengajar. Dan karena fokus awal kami adalah kelas 2 dan kelas 4, jadi di tim yang  mengajar kelas tersebut harus ada penanggung jawab proker media pembelajaran. Untuk kelas 2, berhubungan jadwalnya adalah pancasila yang tepat dengan tema media pembelajaran kami, jadi langsung kami praktekkan media pembelajaran kami. Lalu dikelas 4 juga jadwalnya adalah pengetahuan alam, jadi diawal jam mata pelajaran kami langsung memakai media pembelajaran kami juga. 
    Tema media pembelajaran ke 3 dan ke 4 adalah pancasila dan pengetahuan alam. Untuk tema pancasila adalah media pembelajaran mengenai 5 sila dan contoh contoh dari sila tersebut. kami menyiapkan gambar yang beraneka ragam seperti anak anak yang berdikusi, anak anak yang menunaikan sholah dll. Digambar tersebut nanti anak anak akan disuruh menentukan contoh perilaku yang ada digambar adalah contoh sila ke berapa.
    Sedangkan untuk tema pengetahuan alam adalah panca indra. kami mencetak 5 panca indra dan 15 contoh gambar yang bisa di pakai oleh panca indra tersebut. Seperti gambar bunga dipot itu kita pakai panca indra apa atau bau kaos kaki kita cium pakai pancaindra apa.
    Dalam proses mengajar kami beruntungnya selesai dengan lancar. Meskipun diawal awal murid murid ramai dan berlari larian, tetapi setelah kami jelaskan media pembelajaran kami dan kami ajarkan cara mainya mereka tertarik dan memainkannya langsung.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages